Sabtu, 15 Mei 2010

Shortcut dan fitur penting pada google chrome

Sudahkah anda mencoba browser terbaru keluaran google yaitu google chrome?
Banyak orang yang bilang ketika browsing internet menggunakan google chrome terasa lebih cepat
Berikut ini adalah beberapa shortcut dan fitur fitur penting pada google chrome:

1. "Incognito" window (Ctrl + Shift + N)
Jika di firefox ada fitur private browsing maka di google chrome ada fitur Incognito. Fitur ini memungkinkan anda untuk browsing secara aman tanpa meninggalkan jejak. Fitur ini tidak akan meninggalkan jejak History dan cookies. Jadi jika anda tidak ingin orang lain tahu situs yang anda kunjungi, fitur ini akan sangat berguna.

2. Ctrl + T atau Alt + Home
Shortcut ini berguna untuk menampilkan semua situs dan bookmark yang pernah anda kunjungi sebelumnya dalam bentuk thumbnail. Fitur ini biasanya terdapat pada browser opera.
Shortcut Alt + Home untuk membuka situs pada halaman yang sama, sedangkan Ctrl + T untuk membuka pada halaman baru.

3. Ctrl + Shift + T
Shortcut ini berfungsi untuk membuka kembali tab yang tidak sengaja tertutup ketika anda sedang browsing. Browser google chrome dapat mengingat hingga 10 tab yang tidak sengaja tertutup.

4. Ctrl + Tab (Ctrl + Shift + Tab)
Shortcut ini berfungsi untuk berpindah tab pada browser secara cepat. Ctrl + Tab untuk maju 1 tab sedangkan Ctrl + Shift + Tab untuk mundur 1 tab.
Sedangkan jika ingin menuju sebuah tab secara urut dan langsung bisa menggunakan Ctrl + 1 hingga Ctrl + 9

5. Membuka Link situs dengan cepat
Sama seperti firefox 3, google chrome juga menyediakan fitur untuk membuka sebuah link dengan cepat dengan cara klik pada mouse scroll atau langsung drag link tersebut ke tab browser google chrome.

6. Bookmark situs dan pencarian dengan cepat
Klik tanda bintang pada bagian kiri address bar dari browser google chrome. Address bar google chrome juga dapat berfungsi sebagai search page.

7. Ctrl + B
Menampilkan atau menghilangkan bookmark browser dengan cepat.

8. Ctrl + H
Menampilkan daftar semua situs yang pernah kita kunjungi atau biasa disebut history browser. Kita bisa menggunakan "Delete hitory for today" pada bagian kanan jika ingin menghapus history pada hari itu.

9. Ctrl + J
Sama seperti firefox, shortcut Ctrl + J berfungsi untuk membuka window download file pada google chrome.

10. Shift + Esc
Shortcut ini berfungsi untuk membuka task manager google chrome untuk melihat pemakaian memori dan untuk menutup tab yang berpotensi membuat browser google chrome hang atau freeze. Fitur ini mirip dengan task manager pada windows hanya saja pada google chrome lebih sederhana.

11. About:plugins dan About:crash
Ketikkan About:plugins pada address bar google chrome untuk melihat plugin apa saja yang terinstall pada browser google chrome. Ketikkan About:crash untuk melihat tab mana yang membuat browser google chrome crash, freeze atau hang.
Coba juga fitur lainnya : About:dns, about:stats, about:memory, about:cache, about:internets, about:histograms, about:network

12. Akses menu pada google chrome
Jika ingin mengakses menu untuk mengcustomize atau optimize google chrome, kita bisa mengakses option dengan cara klik gambar "kunci inggris" di bagian kanan browser lalu pilih option. Di dalamnya kita bisa merubah berbagai settingan google chrome.

nah itu tadi adalah beberapa fitur dan shortcut penting pada google chrome, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar